Kalkulasi Potensi Panas Bumi Seulawah Agam Secara Kualitatif dan Kuantitatif Sebagai Energi Alternatif Untuk Pembangkit Listrik

  • Asrillah .
  • Asnawi .

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memetakan potensi Panas Bumi Seulawah Agam sebagai energi alternatif untuk pembangkit listrik. Maka pertama, dilakukan pemetaan potensi Panasnya (hydrothermal) dengan menggunakan metode Gaya Berat (Gravity Method) yang mencari perbedaan nilai kerapatan batuan bawah permukaan dengan batuan di sekitarnya. Jika secara kualitatif ditemukan sumber panas dengan sebaran luasnya tertentu, maka selanjutnya dilakukan perhitungan potensi panas secara kuantitatif dengan menggunakan persamaan Temperatur Geotermometrik Silika (SiO2). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Gravitimeter Autograv, Cintrex- CG-5 berserta alat-alat lain sebagai pendukung dan dilakukan di dua daerah yaitu di kawasan Kawah Heutsz sepanjang 5,8 km dan di kawasan Kawah Cempaga dengan panjang lintasan adalah 4 km, kemudian data direkam dengan mengikuti lintasan grid. Selanjutnya, data tersebut diproses secara sederhana menggunakan Microsoft Excel. Hasil survei metode Gaya Berat ini memberikan informasi bahwa pada lintasan sekitar Kawah Heutsz terdapat patahan dan rekahan, sehingga kerapatan batuan relatif tinggi yang disebabkan adanya pembentukan mineral oleh fluida panas dalam rekahan batuan tersebut Sementara data di kawasan Kawah Cempaga menyatakan bahwa nilai kerapatannya rendah yang mengindikasikan adanya struktur geologi yang berupa patahan yaitu patahan Seulimum yang berfungsi sebagai media untuk sirkulasi sistem Panas Bumi, sehingga atas dasar kedua hasil tersebut dapat dikerucutkan bahwa Seulawah Agam prospek untuk dieksplorasi. Kemudian dari perhitungan kuantitatif didapatkan nilai jumlah Panas Bumi berkisar 58,8 MWe. Potensi sebesar ini, sangat cocok untuk menjadi sumber energi alternatif untuk pembangkit listrik yang dapat mengurangi difisit energi listrik yang selama ini terjadi di Aceh. Copyright © 2014 Department of Mechanical Engineering. All rights reserved.
Published
Jan 28, 2016
How to Cite
., Asrillah; ., Asnawi. Kalkulasi Potensi Panas Bumi Seulawah Agam Secara Kualitatif dan Kuantitatif Sebagai Energi Alternatif Untuk Pembangkit Listrik. Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2016. ISSN 2337-6945. Available at: <http://mjmst.unimal.ac.id/index.php/mjmst/article/view/16>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles